Minggu, 06 Mei 2012

Petunjuk Teknis Pelaksanaan BYRCC ke-3 (2012) KSR PMI Untirta


 PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN
BANTEN YOUTH RED CROSS COMPETITION 2012

A. Kegiatan Khusus :
1.     Pertolongan Pertama (PP)
v  Regu PP akan mengikuti 2 sesi perlombaan yaitu Post Test dan Post Peragaan
a.       Ketentuan Post Test
Post Test Teori berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal PG dan 5 soal essay dengan durasi waktu 30 menit. Setiap team hanya boleh mengirimkan 1 anggotanya untuk mengikuti post test teori. (hasil test teori akan diakumulasi dengan test peragaan dan ruang isolasi)
Ketentuan Test Peragaan (Post Pertolongan)
Post ini terdiri dari 7 orang untuk setiap kelompoknya dengan 4 orang sebagai penolong dan 1 korban dari peserta, 2 orang pembuatan tandu untuk dipergunakan dalam hiking PP . Dalam post ini peserta akan menerima gambaran situasi kejadian dan peserta diberikan waktu selama 60 detik untuk memahaminya dengan waktu peragaan selama maksimal 12 menit. Peragaan PP berakhir setelah penanganan dan peserta memberikan jawaban selesai kepada dewan juri.
v       Post Hiking PP terdiri dari(max 5menit tiap post)
-       tangga menurun
-       lorong sempit
-       pagar tembok
-       rujukan
v      Panitia bersama juri akan menghitung perolehan hasil nilai dan peserta akan menerima salinan nilai penandatanganan. Total nilai akan diakumulasi dari seluruh rangkaian. Setelah penanda tanganan hasil nilai,  peserta dilarang mengajukan protes / klarifikasi terhadap hasil penilaian akhir, kecuali jika terdapat kesalahan pada total nilai.
v      1 Team terdiri dari 7 orang.
v      Peraturan akan dibacakan saat Technical Meting
v      Setiap regu wajib membawa peralatan PP lengkap sebagai berikut :
No
Nama Barang
jumlah
1
Kasa steril ukuran besar
1 pack
2
Pembalut gulung
6 buah
3
Mitella
1 set
4
Plester
2 buah
5
Pembalut donat/cincin
1 buah
6
Alkohol
1 botol
7
Rivanol
1 botol
8
Bethadine

9
Cairan pencuci mata (Boorwater)

10
Spalk
1 set
11
Gunting

12
Pinset

13
Senter

14
Kapas

15
Selimut

16
Kartu penderita

17
Alat tulis

18
Oxygen

19
Air minum

20
kantong plastik


2.     Perawatan Keluarga (PK)
v Regu terdiri dari 3 orang (bebas) dengan komposisi sebagai berikut :
                              i.     1 orang dipersiapkan mengikuti tes teori
                             ii.     3 Peserta dipersiapkan untuk peragaan.
Ø  Lomba dibagi 2 tahap, yaitu :
1.   Tes Teori
·       Tes tertulis (Pilihan Ganda 20 soal dan   essay 5 soal)  dengan durasi 30 menit.
2.   Tes Peragaan
·       Peserta yang terdiri dari 3 orang dengan pembagian tugas sebagai berikut :
                                                i.    Orang ke-1 sebagai juru bicara
                                               ii.    Orang ke-2 sebagai peraga
                                              iii.    Orang ke-3 sebagai pasien
·  Materi peragaan akan dilakukan pengundian, sebelum peragaan. Materi peragaan dipilih/diberikan saat akan memulai peragaan.
·  Pasien ditunjuk oleh juri
·  Durasi peragaan selama 10 menit, bila melebihi waktu dinyatakan selesai. Penilaian akan langsung dilakukan oleh juri.
v Peserta bersama juri akan menghitung hasil nilai peragaan dan menandatangani hasil nilai dan peserta akan menerima salinan nilai, setelah penandatanganan dilarang protes / klarifikasi kebenaran jawaban, kecuali ada kesalahan total nilai.
v Total nilai akan diakumulasi dari hasil Tes Teori dan Tes Peragaan.
v Peralatan yang disediakan oleh panitia:
                                      i.        Tempat tidur (2)
                                     ii.        Kasur (2)
                                    iii.        Seprai putih 2 buah
                                    iv.        Selimut lurik 2 buah
                                     v.        Bantal 2 buah
                                    vi.        Tensi dan stestoskop (2)
Selebihnya dibawa oleh peserta.
v Buku pedoman yang dijadikan refrensi ada PK dan RSPS terbitan PMI
3.     Cerdas cermat (CC)
Penyisihan
a.     50 soal ( 30 menit) tipe soal SNMPTN
b.     diambil 5 team berdasarkan nilai tertinggi.
Final (5 babak)
a.     Babak Benar salah
b.     Babak lempar soal
c.     Rebutan
Peserta terdiri dari 3 orang
a.     Final all.
Peserta berkumpul 10 menit sebelum acara dimulai.

4.     Pendidikan Remaja Sebaya (PRS)
v  Regu terdiri dari 10 orang (bebas) dengan komposisi sebagai berikut :
a.     8 orang untuk mengikuti drama
b.     2 orang untuk presentasi
v  PRS dibagi 2 tahap, yaitu :
a. Presentasi
·   Dimana yang mengikuti presentasi adalah 2 orang, peserta bukan orang yang yang mengikuti drama
·   Tema presentasi, ada 4 topik, dengan sistem undian. Tema sebagai berikut :
1.  Kehamilan dini dan aborsi
2.  NAPZA
3.  Kesehatan Reproduksi Remaja
4.  Norma sosial 
Peserta diwajibkan membuat makalah sebelum pelaksanaa PRS
Durasi presentasi selama 5 menit
v  Aspek penilaian : kesesuaian materi dengan judul, teknis presentasi, bahasa, manajemen waktu, dan pembuatan makalah.
b.   Drama
·         yang mengikuti drama sebanyak 8 orang.
·         Tema sesuai dengan yang sudah dipresentasikan.
v  Aspek penilaian yaitu : Keseuaian tema, penguasaan peran, penguasaan panggung, tata panggung, amanat drama, ketepatan waktu, vocal, penyediaan alat bantu, team work.
v  seluruh peserta akan dikumpulkan di ruang isolasi sebelum plaksanaan lomba.
v  waktu pelaksanaan drama selama 10 menit, 5 menit diberikan untuk setting panggung. jd total 15 menit.
v  Peserta bersama juri akan menghitung nilai dan menandatangani hasil nilai dan peserta akan menerima salinan nilai
v  Penentuan pemenang adalah
a.   Bila terjadi nilai sama, akan dibuat dari kecepatan waktu yang digunakan dalam menyelesaikan setiap tahapan lomba.
v  Materi sesuai dengan Buku Panduan PRS terbitan PMI Pusat.
5. Pasang Tandu Darurat Mata Terbuka
v  Peserta berjumlah 2 orang (kategori Pa), (kategori Pi)
Peralatan
Peralatan yang harus disediakan oleh peserta, sebagai berikut :
a.   Tali yang memiliki ukuran a.l : 1 pasang tali, masing-masing berukuran antara 12-13 meter (Bebas)
b.   Mitela sebanyak 5 buah
c.   Selimut lurik 1 buah
d.   Bambu yang berukuran :
·      225 cm sebanyak 2 buah
·      60 cm sebanyak 2 buah
e. peralatan tandu dibawa  masing2 peserta
Pelaksanaan
a.   Peserta akan diberikan aba-aba seperti, tiga... dua... satu... mulai dan diakhiri dengan mengucapkan kalimat selesai (tanpa ada satupun anggota regu masih melakukan peragaan)
b.   15 menit sebelum lomba dimulai, semua peserta sudah siap ditempat.
c.   3 X peserta dipanggil tidak ada, maka akan didiskualifikasi.
Penilaian
Kriteria penilaian a.l :
a.   Kecepatan, adalah :
Kecepatan yang diharapkan max. 5 menit (Pa) max 6 menit(Pi), lebih dari waktu yang diberikan maka peragaan dihentikan dan langsung dilakukan penilaian.
b.   Kebenaran dan kerapihan
Kebenaran dalam arti peserta harus mengetahui tata urut pelaksanaan kerja sebagai berikut :
1.   Jarak bambu panjang dengan bambu pendek adalah 25-30 cm. Dan jarak bambu pendek yang bersilangan dengan bambu panjang adalah 3-5 cm. Lebar tandu diukur dari bagian dalam tandu 40-45 cm.
2.   Simpul yang digunakan adalah simpul pangkal, jumlah lilitan tali dibambu panjang dan bambu pendek berjumlah 6 buah.
3.   Jumlah simpul jangkar sebanyak 14 buah dan otomatis simpul persilangan ditengah berjumlah 8 buah. Simpul jangkar harus sejajar dengan simpul jangkar yang diseberangnya. Simpul tengah harus lurus bila ditarik garis lurus. Sisa ujung tali bebas, yang penting tidak terjuntai mengena tanah.
4.   jarak antar jangkar 17 – 21cm.
5.   Pemasangan mitela penyangga, untuk bagian kepala dan kaki puncak segitiga mengarah keluar, untuk tiap bagian panggul dengan lipatan/slap 2. Sedangkan pemasangan mitela yang berfungsi sebagai tali pengaman berada dibambu kanan bagian kepala, tepat diantara simpul jangkar kedua dan ketiga (pengaman 1) dan tepat diantara simpul jangkar yang kelima dan keenam. Tali pengaman menggunakan lipatan/slap 8.
6.   Pemasangan selimut diharuskan membentuk posisi diagonal dan bagian selimut yang berada di atas tandu berwarna putih atau bagian dalam selimut, bila salah tidak mendapat poin. Lalu selimut yang berada  disisi luar tandu dilipat rapih ke arah dalam tandu.
7.   Setelah selimut dilipat, tali pengaman diharuskan melintang ke arah dalam tandu.
c.   Kekuatan
Bambu tidak jatuh, pada saat bagian pegangan tandu dipegang hanya salah satunya (4 sisi dinilai).

6. Lomba Mading
v  Peserta terdiri dari 3orang siswa dan atau siswi.
v  Tema ( Siaga bencana dan Ayo donor darah)
v  persyaratan mading
1. dibuat pada saat perlombaan
2. sumber naskah dibuat diskolah masing – masing
3. ukuran madding : 100 cm x 100 cm( disediakan oleh pnitia.
4. model 2 dimensi dan digantung
5. aksesoris dapat disesuaikan dengan keinginan masing2 pserta,madding yg tlah selesai dikerjakan ditempat lomba, harap dilapisi plastic transparan
6. isi madding tidak diperkanankan dobel, yaitu hanya memuat rubric sbb :
a. rubric yg diwajibkan : ( judul/nama, susunan redaksi, sapa redaksi)
7. pserta membawa peralatan sendiri beserta naskah rubric yang telah disiapkan dari sekolah masing2.
v  penilaian
a. ( bahasa, keindahan, isi, kreatifitas, kerapihan, warna, ).

            7.  Lomba Karikatur

v  Peserta terdiri 1 orang
v  Tema ( Siaga bencana dan donor darah)
v  Persyaratan
1. dibuat pada saat perlombaan
2. kertas disediakan oleh panitia
3. peserta membawa peralatan sendiri (Bebas)
4. tidak diperkenankan berbau SARA, pornografi/pornoaksi.
5. membawa  foto wajah tokoh

v  Aspek penilaian
a. Kejelasan gambar
b. Kejelasan Tokoh
c. Kehalusan gambar.
                       
            Juara :
- Uang Pembinaan ( Juara Umum )
Rp. 1.000.000,- (Wira dan Madya )
- Tropy Bergilir Gubernur Banten (Madya  dan Wira)
- Tropy Juara Umum ( Madya dan Wira )
- Tropy Juara Hiking PP 1,2,3 (Madya dan Wira)
- Tropy Juara PK 1, 2, 3 (Madya dan Wira)
- Tropy Juara PRS 1,2,3 (Madya dan Wira)
- Tropy Juara Tandu Putra 1,2.3 (Madya dan Wira)
- Tropy Juara Tandu Putri 1,2,3 (Madya dan Wira)
- Tropy Juara Karikatur 1,2,3 (Madya dan Wira)
- Tropy Juara Mading 1,2,3 (Madya dan Wira)
- Tropy Juara Cerdas Cermat 1,2,3 (Madya dan Wira) 

0 komentar:

Posting Komentar