Senin, 05 Maret 2012

Yuk, Hemat Energi !

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membuat bumi ini indah termasuk menghemat energi terpurbakan yaitu batu bara. Kita mulai dari mematikan listrik setelah pemakaian. Terkadang tindakan kecil ini sering kita abaikan bukan? Tapi jika dibiarkan terus menerus pemakaian listrik akan mengakibatkan pemakaian bahan bakar listrik yaitu batu bara semakin menggunung. Sepele' jika terlihat satu orang saja yang memakai, bagaimana jika setengah penduduk bumi melalaikan hal ini akan ada berapa gunung batu bara yang dipakai.
Apakah sudah terbayang? Mengapa pemakaian batu bara begitu pelik dipersoalkan, menurut penulis karena batu bara mengandung SO2 dan NOx (NO2 dan NO3) yang dapat mengakibatkan lapisan ozon berlubang lebih tepatnya menipis seperti gigi kita jika terserang kuman lama kelamaan gigi kita berlubang dan menipis yang berakhir dengan habisnya gigi kita.
Second, mulailah bepergian menggunakan sepeda atau berjalan kaki saat menempuh jarak dekat. Bukankah ini yang sering melanda masyarakat Indonesia kebanyakan? Bepergian ke warung pakai motor, ke minimarket diperempatan atau seberang jalan pakai motor juga, ke rumah kerabat yang hanya berjarak 100 meter pakai mobil. Sungguh terlalu. Dengan alasan bermacam-macam mereka berdalih karena capek lah, keringatan lah, panas lah dan segala keluh kesah lain yang berderet dibenaknya. Kita pikirkan sejenak, apakah hal ini merupakan masalah besar bagi kita? Jika hujan, bagaimana? Buat apa diciptakan payung oleh manusia. Nah hal ini merupakan kebiasaan, kebiasaan buruk yang dijalani. Sudahkah anda sadar? Belum ataupun tidak hal ini harus dibiasakan mengingat bumi ini semakin tua dan payah dalam berotasi.
Banyak hal yang dapat saudara lakukan selain mematikan listrik dan berjalan kaki atau naik sepeda seperti tidak menyalakan AC jika iklim memungkinkan, mematikan lampu sebelum tidur, menggunakan penerangan alami disiang hari, tidak menggunakan kulkas jika tidak ada barang yang tidak perlu didinginkan, mematikan keran saat dipenampungan air penuh, membersihkan lantai dengan sapu bukan dengan penghisap debu, mengurangi main game digital.
Yang pasti memulainya harus dengan niat baik dan ikhlas, jika tidak. Tak akan ada berkahnya untuk bumi tercinta ini. So, let's try, we love earth.


0 komentar:

Posting Komentar