Senin, 05 Maret 2012

Olahraga Murah Meriah

Olahraga merupakan penyalur kesehatan yang sangat bermanfaat walaupun badan ini akan terasa pegal nantinya. Namun, dibalik itu semua olahraga memiliki manfaat yang sangat besar pengaruhnya ke dalam jiwa dan raga kita, sob.
Olahraga memang memiliki beberapa cabang bahkan pada event olahraga terbesar se-Asia SEA GAMES SXXVI Jakarta – Palembang 2011 cabang olahraganya pun termasuk kategori yang terbanyak semenjak diselenggarakan dahulu. Di samping semua olahraga itu, ada juga yang bergenre mahal dan murah termasuk ng-gym (fitnes). Nge-gym memerlukan alat yang cukup mahal untuk di beli namun sekarang sudah bisa disiasati dengan menjadi member di beberapa pusat kebugaran di kota terdekat kalian. Olahraga murah meriah bisa kita lakukan dimanapun dan kapanpun, sesuai keinginan kalian saja.
Berbicara olahraga murah meriah, push-up termasuk jenis olahraga yang dapat kita lakukan tanpa menguras kantong. Apalagi seperti kita yang mayoritas pelajar yang kudu irit-irit duit. Push-up berfungsi untuk menguatkan bahu, lengan dan dada. Gerakannya simple saja sob. Baringkan tubuh kita secara terlentang lalu bentangkan tangan kanan dan kiri dengan jarak yang tidak sempit ataupun terlalu luas. Lakukanlah 10x dalam sehari untuk pemula dan tingkatlah setiap harinya hingga menjadi 11 – 25 kali dalam jangka satu bulan. Lalu, teruskanlah hingga mencapai batas kesanggupan maksimum tubuh kalian. Namun, sebelum memulai gerakan push-up lakukanlah peregangan, mulai dengan tekuk leher 30x ke depan dan belakang. Berlanjut ke kiri dan kanan. Setelah itu gerakan memutar kepala secara bergantian sebanyak 12x2 ulangi selama 5x. Hal ini berfungsi untuk mencegah terjadinya ketegangan pada otot leher dan melenturkannya.
Selain push-up terdapat juga sit-up yang dapat memperkuat otot perut. Lakukan dengan rebahkan tubuh kalian pada alas yang nyaman, lalu tekuk lutut dan angkat tubuh supaya mengenai lutut. Olahraga ini juga sering dilakukan oleh para pecinta beladiri. Hal ini berfungsi sebagai penahan tendangan jika dilayangkan ke bagian perut.
Skipping pun menjadi bagian olahraga yang murah meriah dan gampang dilakukan, fungsinya melakukan gerakan ini dapat menguatkan otot lengan, perut, paha, dan betis. Olahraga yang menggunakan peralatan tali ini, juga berfungsi sebagai penambah tinggi badan dan mengoptimalkan fungsi jantung.
Jogging adalah pilihan olahraga murah selanjutnya bagi kalian. Olahraga ini juga sering disebut lari-lari kecil. Walaupun kecil memiliki manfaat yang besar diantaranya menyehatkan fungsi jantung, memperbaiki fungsi pernapasan dan membuat paru-paru lebih besar sehingga dapat menarik oksigen lebih banyak saat dibutuhkan, serta menghindari encok lutut.
Semua jenis olahraga ini juga dapat meningkatkan daya imun tubuh kalian dan membuat tubuh semakin seksi karena otot yang biasanya tertimbun menjadi lemak, saat itu juga terbakar hingga membentuk otot-otot menjadi kencang dan tampak kekar. Sepertinya kalian akan terlihat begitu macho dan keren dihadapan teman. Don’t Forget, olahraga mesti rutin dilakukan minimalnya seminggu tiga kali.
Oh, ia olahraga ini dapat dilakukan baik pagi maupun sore, sesuaikan dengan jadwal yang kalian punya yap. Good luck and get benefits!.
Saya pernah mengalami pengalaman sendiri, olahraga dapat menambah berat badan kita secara ideal. Ingat, ‘ideal’ bukan meningkat tajam lantas gemuk.


Semoga Bermanfaat !


0 komentar:

Posting Komentar